PENDAHULUAN
        Arsitektur modern itu  timbul karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi yang membuat  manusia cenderung untuk sesuatu yang ekonomis, mudah dan bagus. Hal itu  dapat dilihat dari adanya penemuan – penemuan seperti dinamit yang  memudahkan manusia untuk menggali lubang atau penggunaan mesin yang  dapat mempercepat produksi dan menghemat tenaga manusia. Tapi itu semua  tidak membuat manusia senang karena penggunaanya yang disalahgunakan,  karena dinamit yang mestinya membantu manusia malah mencelakakan  manusia, yang memudahkan manusia malah menyulitkan manusia itu sendiri.  Berarti apa yang dibuat didalam jaman modern itu belum tentu bagus/masih  ada kekurangannya. Dikatakan masih ada kekurangannya karena yang  diciptakan manusia itu pada dasarnya tidak ada yang sempurna selain itu  penggunaan yang disalah gunakan bisa membuat karya manusia itu berbalik  menjatuhkan manusia itu sendiri.
        Arsitektur Modern  sebelum Perang Dunia I dimulai dengan adanya pengaruh Art Nouveau yang  banyak menampilkan keindahan plastisitas alam, dilanjutkan dengan  pengaruh Art Deco yang lebih mengekspresikan kekaguman manusia terhadap  kemajuan teknologi. Konsep tersebut kemudian dimanifestasikan ke dalam  media arsitektur  dan seni, serta gaya hidup.
Bagian-bagian dalam arsitektur modern adalah :
1. arsitektur modern
2 arsitektur art Nouveau
3 arsitektur brutalist
4. arsitektur konstruksi
5. arsitekturEkspresionist
6. arsitektur futurist
7. arsitektur fungsional
8. gaya internasional
9. gaya organik
10.gaya post modern
11.gaya visionari
1.1 Arsitektur Modern

Gambar 1.1A.1
Villa Savoye kepunyaan Le Corbusie, contoh arsitektur modern.
Arsitektur modern adalah suatu  istilah yang diberikan kepada sejumlah bangunan dengan gaya  karakteristik serupa, yang mengutamakan kesederhanaan bentuk dan  menghapus segala macam ornamen. Pertama muncul pada sekitar tahun 1900.  Pada tahun 1940 gaya ini telah diperkuat dan dikenali dengan Gaya  Internasional dan menjadi bangunan yang dominan untuk beberapa dekade  dalam abad ke 20 ini.
Asal dan karakteritis arsitektur modern sampai sekarang ini masih di perdebatkan dalam kalangan arsitek.
Beberapa sejarawan melihat perkemabang arsitektur modern sebagai  perihal sosial yang kelat kaitannya terhadap pembaharuan dan keringanan,  suatu hasil dari perkembangan sosial dan politis.
Arsitektur lainnya yang melihat gaya modern sebagai sesuatu yang di  kendalikan oleh teknologi dan pengembangan produk dan dengan munculnya  bahan-bahan yang dipakai dalam membangun gaya bangunan modern seperti  material besi, baja, kaca dan beton menambahkan pengetahuan bahwa gaya  modern adalah sebuah penemuan baru dalam bidanga Revolusi Industri. Pada  tahun 1796, Shrewsbury dengan gaya desainnya ohwis yang ' tahan api',  yang mana gaya ini bersandar pada besi cor dan batu bata. Konstruksi  seperti itu sangat memperkuat struktur bangunan, yang memungkinkan  mereka untuk mengakomodasi banyak mesin yang lebih besar.
Sejarawan lain menghormati pandangan moderen sebagai suatu reaksi  melawan terhadap gaya ekletik dan mencurahkan perhatian mereka kepada  gaya Jaman Victorian dan gaya Seni Nouveau.
Apapun yang menjadi penyebab pada tahun 1900 sejumlah arsitek di  seluruh muka bumi mulai mengembangkan gaya arsitektur mereka beralih  dari arsitektur yang klasik ( Gotik sebagai contoh) dengan berbagai  kemungkinan teknologi baru. Arsitek Louis Sullivan dan Frank Llyod  Wright di Chicago, Viktor Horta di Brussels, Antoni Gaudi di Barselona,  Otto Wagner di Vienna dan Charles Rennie Mackintosh di Glasgow, dan  masih banyak lagi arsitektur modern lainnya berusaha membangun gaya  modern pada bangunan dengan meninggalkan gaya lama.
Contoh bangunan gaya modern
Contoh bangunan gaya modern

Gambar 1.1.2
Istana Kaca (1935) di belanda arsitektur Frits Peutz, dibuat dengan konsentrasi kaca dan baja
Sejak tahun 1920 yang paling  terpenting dalam gaya bangunan adalah gaya arsitektur modern yang telah  menetapkan reputasi mereka. Tiga arsitektur modern terbesar adalah Le  Corbusier di Perancis, Mies van der Rohe dan Walter Gropius di Negara  Jerman. Mies van der Rohe dan Gropius keduanya adalah arsitektur yang  menangani gaya Bauhaus.
Arsitek Frank Llyod Wright sangat berpengaruh dalam perkembangan  arsitektur modern di Eropa. Wright adalah salah satu dari sekian  banyaknya arsitektur yang sangat berpengaruh dalam dunia  perarsitekturan. Pada tahun 1932 didakan pameran MOMA, Pameran  Internasional Arsitektur Modern, yang dilakasanakan oleh Philip Johnson  dan kolaborator Henry-Russell Hitchcock.

Gambar 1.1.3
Gedung Skyceeper yang melambangkan arsitektur modern
Karakteristik Arsitektur modern pada umumnya adalah :
* Suatu penolakan terhadap gaya lama
* Suatu yang mengadopsi prinsip bahwa bahan dan fungsi sangatlah          menentukan hasil dalam suatu bangunan.
* Suatu yang menyangkut tentang mesin
* Menolak adanya bordiran atau ukiran dalam bangunan.
* Menyederhanakan bangunan sehingga format detail menjadi tidak perlu.
Beberapa pendapat tentang arsitektur Modern :
o Bentuk mengikuti fungsi ( Form follows function ) yang dicetuskan  oleh pemahat Horatio Greenough atau yang lebih dikenal sebagai Louis  Sullivan
 o Sedikit adalah lebih (Less is more) di umumkan oleh Arsitek Mies van der Rohe.
o Sedikit adalah lebih dan lebih adalah terlalu banyak (Less is more  only when more is too much ) yang dikatakan oleh Frank Llyod Wright.
o Sedikit itu membosankan (Less is a bore) yang dicetuskan oleh  Robert Venturi, pelopor arsitektur Postmodern sebagai jawaban atas Gaya  Internasional yang tidak menarik yang dipopulerkan oleh Mies van der  Rohe
Pelopor Arsitektur Modern adalah : Adolf Loos, Alvar Aalto, Frank  Lloyd Wright, I. M. Pei, Le Corbusier, Louis Kahn, Louis Sullivan,  Ludwig Mies van der Rohe, Oscar Niemeyer, Otto Wagner, Peter and Alison  Smithson, Philip Johnson, Ralph Tubbs,Walter Gropius
1.2 Arsitektur Constructivist
Gambar 1.2.1 Fantasi Arsitektur oleh Yakov Chernikhov, 1933
Tatlin's  Tower, 1919Constructivist arsitektur adalah suatu bentuk arsitektur  modern yang melambangkan Perserikatan Soviet berlangsung dalam periode  1920 dan awal 1930. Di kombinasikan dengan teknologi dan pengetahuan  rancang bangun

Gambar 1.2.3
Tatlin's Tower dibangun pada tahun 1919 oleh Vladmir Tatlin.
Proyek arsitektur konstruksi yang  paling pertama dan paling terkenal pada tahun 1919.dan sering di sebut  sebagai Menara Tatlin'S. meskipun demikian bangunan ini tidak dibangun  dengan menggunakan kaca dan baja melainkan besi.
1.3 Arsitektur Art Nouveau
Gambar 1.3.1
Pintu masuk mesium St. Louis World's Fair tahun 1904.
Art Nouveau berada pada  puncak tahun 1892 sampai 1902, merupakan sebuah gebrakan dalam desain  arsitektur. Nama " Art Nouveau" diperoleh dari nama dari suatu toko di  Paris, Maison d'Art Nouveau, dan pada waktu itu arsitektur Samuel Bing  lewat dan terinspirasi untuk menamakan desainnya art nouveau.
Suatu titik tinggi dalam evolusi Seni Nouveau adalah Penampilan  universal pada tahun 1900 di paris, di mana " gaya modern" memenangkan  penghargaan pada setiap sesinya. art nouveau memperlihatkan ciri khasnya  hampir di seluruh bagian eropa. Ironisnya. Seni Nouveau kebanyakan  dibangun dengan menggunakan bahan material kaca dan jarang memakai bahan  material besi ataupun baja. Pintu masuk Metro Paris yang dirancang oleh  Hector Guimard pada tahun 1899 dan 1900 adalah contoh Seni Nouveau yang  terkenal.
Dinamis, mengalir, kurva dan berombak-ombak " cambukan" merupakan  irama bentuk dari Seni Nouveau. Corak yang lain adalah pemakaian parabol  dan hiperbola.

Gambar 1.3.2
Istana Bellas Artes di Mexico City.
Sebagai suatu pergerakan seni  dalam arsitektur art nouveaiu mempunyai gaya dan hubungan dekat dengan  Pre-Raphaelites dan Simbolisme arsitektur Aubrey Beardsley, Alfons  Mucha, Edward Burne-Jones, Gustav Klimt, dan Jan Toorop adalah pelopor  dari gaya ini. Seni Nouveau mempunyai suatu wajah visuil membedakan; dan  tidak sama dengan Pre-Raphaelites, Seni Nouveau adalah gaya yang  menggunakan material baru seperti kaca permukaannya abstrak dan disain  yang murni
 
1.4 Arsitektur Brutalisme  Brutalisme adalah gaya arsitektur yang melahirkan pembaharu gerakan  arsitek dan berkembang pada tahun 1950 sampai tahun 1970. Awal gaya  sebagian besar diilhami oleh Arsitek Swiss, Le Corbusier ( khususnya  Unit d'Habitation) dan Ludwig Mies van der Rohe. Istilah brutalisme ini  dimulai dari bahasa Prancis Béton brut, atau " beton mentah". Bangunan  brutalist pada umumnya dibentuk dengan membentur blockish, geometris,  dan bentuk berulang, dan sering juga mengulang bentuk tapi tanpa adanya  ornamen. Tidak semua bangunan brutalist dibentuk dari beton. Sebagai  gantinya, bangunan dapat mencapai Mutu brutalist melalui suatu bahan  yang keras dengan penampilan bagunan dan material strukturnya terbuat  dari beton. Rumah pribadi Alison dan Peter Smithson'S dibangun dari batu  bata, dan Richard & Renzo Piano Center Pompidou sering dihormati  sebagai arsitektur brutalist dengan Bahan dan struktur bangunannya  meliputi batu bata, kaca, baja, batu kasar.
  
Gambar 1.4.1 Unitéd 'Habitation, Marseille
(Le Corbusier 1952)
Brutalism sebagai gaya arsitektur juga dihubungkan dengan suatu  ideologi yang berupa kayalan sosial yang cenderung untuk didukung oleh  para perancangnya, terutama Alison dan Peter Smithson. Kegagalan dalam  merencanakan suatu desain merupakan hal hal positif bagi para arsitektur  Brutalist.
Brutalism memperoleh daya gerak besar di Inggris sepanjang abad  pertengahan 20, ketika keadaan ekonomis tertekan ( dan kerusakan WWII)  masyarakat mencari konstruksi murah. Haruslah dicatat, meskipun  demikian, banyak arsitek memilih gaya brutalist meskipun mereka  mempunyai anggaran yang besar dalam membangun. Dan gaya ini terjadi  setelah perang dunia ke II di jerman
  
Gambar 1.4.2 Trellick Tower, London
(Goldfinger 1972)
Desain brutalist pada awalnya mendapatkan kritik sebagai gaya yang  merusak pemandangan dalam majalah home office edisi 50 gaya Quenn Anne  dikatakan “seperti barang rongsokan”. Sebab gaya ini snagat identik  dengan beton. Bagaimanapun, gaya brutalist pada Menara Trelick  membuktikan bahwa gaya brutalist sangat populer di antara para arsitek  dan masyarakat. Pada waktunya, banyak struktur brutalisme menjadi lebih  dihargai oleh masyarakat karena keunikan mereka dan penampilan yang  menyolok.
Di tahun terakhir, gaya bangunan brutalistme sudah mulai hilang dari  ingatan masyarakat. Dan masyarakat mulai menuju ke gaya pembaharu yang  baru lahir menggantikan gaya brutalisme sehingga banyak bangunan gaya  brutalistme dirobohkan dan dibangun menjadi gaya yang baru lagi.
1.5 Arsitektur Ekspresionis
Gambar 1.5.1 Salah satu desain dari arsitektur expresionisArsitektur Ekpresionis mengacu  pada gaya arsitektur yang berkembang di dalam eropa pada permulaan abad  ke 20 dan dengan luas mengacu pada desain arsitektur dan bentuk.  Arsitektur Ekspresionis pertama terjadi di Jerman sebagai bagian dari  pergerakan ekpresionisme dan juga di Belanda khususnya sekolah Amsterdam  antara .1910 dan 1925. Gaya ini di karakterisi oleh oleh awal  modernisme di adopsi dari novel-novel dan roman-roman, terkadang  terlihat sangat tidak lazim dengan menggunakan bahan dari batu bata,  baja dan terutama kaca. Pendekatan ini dikembangkan secara pararel oleh  pergerakan ekspresoinis tapi dengan kondisi ekonimi yang terbatas maka  hanya ada beberpaa saja bangunan gaya ekspresionis yang secara resmi  tertulis seperti bangunan Alpine Arsitektur yang dibangun oleh Taut’s  dan Hermann Finsterlin'S yang membangun Formspiels. Gaya bangunan ini  hanya berlangsung sebentar tetapi sangat pentiing untuk di kenang dalam  periode ini.
Peristiwa penting di expressionis arsitektur adalah adanya Pameran  Werkbund pada tahun 1914 di Cologne, pada waktu terjadi perebutan  kekuasan antara jerman dan Nazi. Lalu pada tahun 1933 setelah Nazi  merampas kekuasaan di jerman gaya ekspresionis diangap tidak syah dan  merosot. Walaupun begitu terdapat juga beberapa arsitektur yang masih  mempertahankan gaya ekspresionisnya seperti arsitektur Hans Scharoun
 1.6 Arsitektur Futuristik

Gambar 1.6.1
Gambar Perspektif dari La Citta Nuova oleh Sant'Elia, 1914.
Arsitektur Futuristik atau  futurisme dimulai pada awal abad ke 20 dengan bentuk bangunan yang  ditandai oleh anti -historicism dan garis panjang mendatar, kecepatan,  emosi dan urgensi yang artistik dan gaya ini dimulai pada Italia dan  berlangsung pada tahun 1909 sampai 1944. Gaya ini dihidupkan oleh  penyair itu Filippo Tommaso Marinetti, dan dia bekerja pada tokoh  arsitektur terkemuka seperti arsitek Antonio Sant'Elia dan seniman  Umberto Boccioni, Giacomo Balla, Fortunato Depero, Enrico Prampolini.  pendukung bangunan futuristik menyarankan kecepatan, teori pengaruh  energi dan ekpresi yang kuat, di dalam usahanya untuk membuat zaman  arsitektur yang modern.
Setelah permulaannya, Futurism telah menjadi suatu kata [yang] lebih  umum untuk mengangkat kecenderungan yang luas dalam disain modern yang  sangat ingin menciptakan arsitektur dengan gaya masa depan ataupun  sedikitnya gaya yang akan datang 10 tahun ke masa depan. Futurism modern  sebagian besar mulai dengan gaya desain pada mobil ataupun kereta pada  tahun 1950 di California. Futurism adalah bukanlah suatu gaya tetapi  suatu pendekatan terbuka ke arsitektur, dan telah ditafsirkan kembali  oleh generasi arsitek yang berbeda dari beberapa dekade, tetapi pada  umumnya ditandai dengan membentuk ketajaman, bentuk dinamis, kontras  kuat dan penggunaan material yang berguna.

Gambar 1.7.2
Gambar Perspektif oleh Sant'Elia, 1914
1.7 Arsitektur Fungsional 
Gambar 1.7.1 Bentuk bangunan Geomedis karya FullersFungsionalisme  di dalam arsitektur adalah prinsip arsitek yang mendisain suatu  bangunan didasarkan pada tujuan dan fungsi bangunan tersebut. Pada awal  abad ke 20, Chicago dengan arsitek Louis Sullivan mempopulerkan ungkapan  ' bangunan yang mengikuti fungsi' untuk menangkap suatu ukuran, ruang  dan karakteristik dalam bangunan harus terlebih dahulu di tujukan  semata-mata kepda fungsi dari bangunan tersebut. Implikasi bahwa jika  aspek yang fungsional dicukupi, keindahan arsitektur akan secara alami  mengikuti.
Akar dari arsitektur modern adalah arsitek  Franco-Swiss dan arsitek Le Corbusier juga arsitek Jerman Mies van der  Rohe. Kedua-Duanya adalah functionalists sedikitnya kepada tingkat  bangunan mereka yang mengutamakan penyederhanaan dari gaya sebelumnya  yaitu kaya klasik. Pada tahun 1923 Mies van d Rohe sedang bekerja di  Weimar Jerman, dan telah memulai karier nya dalam memproduksi secara  radikal bangunan sederhana, struktur yang terperinci yang tidak bisa  dipisahkan dari keindahan arsitektural. Corbusier dengan sangat baik  berkata " suatu rumah adalah suatu mesin untuk ditinggali"; dalam  bukunya Ver uni arsitektur pada tahun 1923.

 
  
Gambar 1.7.2
Menara Helsinki Olympic Stadion (Y. Lindegren & T. Jäntti, dibangun pada tahun 1934-1938)
   
  Pada  pertengahan tahun 1930 functionalism mulai dibahas sebagai suatu  pendekatan estetik bukannya sesuatu disain yang integritas. Gagasan  untuk functionalism adalah tidak adanya barang-barang perhiasan atau  ukiran seperti dalam arsitektur klasik. Ini bisa kita lihat dalam  bangunan berbentuk silinder karya Fullers.
1.8 International style 
Gambar 1.8.1 a PerumahanWeissenhof Stuttgart, Jerman (1927)
  Gambar 1.8.1 b
  
Perumahan Weissenhof Stuttgart, Jerman (1930)
Gaya  internasional adalah suatu gaya arsitek yang sedang trend pada tahun  1920 dan 1930. istilah yang pada umumnya mengacu pada arsitek dan  bangunan dari dekade pandangan perkembangan gaya modern, sebelum Perang  dunia II. Istilah ini diambil dari suatu buku Henry Russell Hitchcock  dan Philip Johnson yang mana mereka berdua dikenal sebagai penggolong  arsitektur modern. Sebagai hasilnya, fokus jadilah lebih pada [atas]  gaya penulisan aspek pandangan moderen. Dasar disain dari gaya  internasional ini didasari pada prinsip arsitektur modern.
EROPA
Pada  sekitar tahun 1900 sejumlah arsitek di seluruh bumi mulai mengembangkan  solusi arsitektur untuk mengintegrasikan sesuatu yang dapat dijadikan  teladan tradisional dengan menuntut kehidupan sosial yang baru dan  berbagai kemungkinan teknologi. Arsitek Victor Horta dan Van henry de  Velde di Brussels, Antoni Gaudi di Barselona, Otto Wagner di Vienna dan  Charles Rennie Mackintosh di Glasgow, di antara sekian banyaknya arsitek  yang melakukan perjuangan untuk mengembangkan gaya lama ke gaya baru.
Arsitek yang mendukung adalah :
    * Alvar Aalto
  * Welton Becket
  * Le Corbusier
  * Walter Gropius
  * Philip Johnson
  * Louis Kahn
  * Ludwig Mies van der Rohe
  * Richard Neutra
  * Oscar Niemeyer
  * Frits Peutz
  * Gerrit Rietveld
  * Rudolf Schindler
  
Amerika
  
Gambar 1.9.1
  
 Rudolf Schinler's Lovell rumah pantai, California (1926)
    Yang paling bekerja keras dalam  mempelopori arsitektur modern yang mengarah ke penyederhanaan, kejelasan  dan kejujuran bisa diidentifikasi pada arsitek amerika periode yang  sama, yaitu arsitek Louis Sullivan di Chicago, dan west-coast tempat  kediamannya Irving Gill. Frank Lloyd Wright'S pada tahun 1900 dan 1910  secara paralel mempengaruhi pekerjaan dari Arsitektur Eropa, tetapi ia  menolak untuk di golongkan sebagai arsitektur eropa
 
 Istilah Gaya Internasional  datang pada tahun 1932 di sebuah pameran di mesium tentang Seni Modern,  di ketuai oleh Philip Johnson, dan dari judul katalog pameran tersebut.  Di tulis oleh Johnson dan Henry Russell Hitchcock. Bangunan yang  dipamerkan adalah bangunan pada tahun 1922 sampai 1932. Johnson  menamakan , menyusun, mempromosikan dan kerumitan yang ditemuinya pada  arsitektur klasik menjadi suatu yang lebih sederhana dan memposisikan  gaya itu sebagai gaya internasinal atau regional sehingga dikenanl  dengan sebagian orang banyak menjadi gaya internasional style.
 

  
Gambar 1.9.2
  
Apartemen Hickory Cluster, Reston, Virginia, di desain oleh Charles M. Goodman, pada tahun 1964
Setelah Perang dunia II, Gaya Internasional lebih mendewasakan  ke dalam pandangan moderen, HOK dan SOM menyempurnakan gaya itu menjadi  pendekatan yang dominan untuk dekade gaya modern.
Gaya Internasional yang khas pada umumnya terdiri dari berikut:
1. Bentuknya segi-empat atau penyiku.
2. Berbentuk kubus sederhana " segiempat panjang yang menekan"
3. Jendela yang berjalan di atas garis horisontal dan membentuk suatu garis beraturan.
4. Semua bagian muka gedung penjuru bersudut 90 derajat dan bertingkat
1.9 Arsitektur Organik
Gambar 1.9.1Air Terjun oleh Frank Llyod WrightArsitektur organik adalah suatu  filosofi arsitektur yang mempromosikan keselarasan antara tempat tinggal  manusia dan dunia alam melalui disain mendekat dengan baik pada lokasi  bangunan, perabot, dan lingkungan menjadi bagian dari suatu komposisi  dan dipersatukan juga saling berhubungan. Arsitek Gustav Stickley,  Antoni Gaudi, Frank Lloyd Wright, Louis Sullivan, Bruce Goff, Rudolf  Steiner, Bruno Zevi dan Anton Alberts adalah semua arsitektur terkenal  dalam arsitektur organik.
Suatu contoh yang terkenal tentang arsitektur organik adalah  Fallingwater, tempat kediaman Frank Lloyd Wright dirancang di kleuaraga  kaufmann di Pedesaan Pennsylvania. Wright mempunyai banyak aneka pilihan  untuk menempatkan suatu rumah pada lokasi tanah pedesaan yang besar,  tetapi memilih untuk menempatkan rumah secara langsung di atas air  terjun dan lokasi yang curam itu.
Ahli teori David Pearson mengusulkan daftar aturan ke arah  perancangan suatu arsitektur organik. Dikenal sebagai Gaia Piagam untuk  arsitektur dan desain organik. Isinya adalah :
• biarkan desainnya.
• Diilhami dari alam
• Membantang pada suatu oganisme
• Mengikuti arus dan menyesuaikan diri
• Mencukupi kebutuhan sosial, fisik dan rohani
• Tumbuh keluar dan unik
• Menandai jiwa muda dan kesenangan
• Mengikuti irama
1.10 Arsitektur Post modernPostmodernity atau postmodern  arsitektur adalah suatu periode yang muncul pada tahu 1950. Postmodern  di dalam arsitektur biasanya bergaya jenaka dan menempatkan ukiran pada  bangunannya sebagai jawaban atas gaya internasional yang resmi.
Contoh yang klasik tentang arsitektur modern adalah Lever House dan  bangunan Seagram dalam ruangan komersil. dan arsitektur Frank Llyod  Wright dalam gaya Bauhaus. Contoh postmodern arsitektur adalah Bagunan  Portland di Portland OP,dan bangunan Sony ( New York ) yang meminjam  acuan dan unsur-unsur dari masa lalu dan mengajukan lagi simbolisme dan  warna klasik ke dalam arsitektur. Suatu contoh inspirasi utama untuk  postmodern arsitektur dan bangunan gaya ini berada sepanjang Las Vegas  di pelajari oleh Robert Venturi pada bukunya tentang Las Vegas.

Gambar 1.10.1
San Antonio Public Library, Texas.
Postmodern arsitektur telah  diuraikan dalam arsitektur " neo-eclectic", di mana gaya klasik yang  penuh ornamen sudah kembali ke dalam gedung menggantikan gaya modern  yang polos dan tanpa ornamen. Ekletik ini sering dikombinasikan dengan  penggunaan permukaan gaya yang tidak biasa dan seperti kita lihat dalam  Galeri Status Stuttgart ( Staatsgalerie Stuttgart) dan piazza (serambi)  di Italia yang di desain oleh Charles Willard Moore.
1.11 Arsitektur VisionaryArsitektur Visionary adalah nama  yang diberikan kepada arsitektur yang secara tertulis atau mempunyai  kulitas Visionari. É tienne-Louis Boullée, Claude Nicolas Ledoux dan  Jean-Jacques Lequeu adalah salah satu contoh paling awal arsitektur  Visionary. Lalu Arsitektur Giovanni Battista Piranesi, Antonio Sant'Elia  dan Buckminster juga dimasukkan. Kemudian menyangkut abad 20, ada  pergerakan disain secara ilmu bangunan seperti Archigram, Archizoom dan  Superstudio.
  
 
BalasHapusPostmodernity atau postmodern arsitektur adalah suatu periode yang muncul pada tahu 1950. Postmodern di dalam arsitektur biasanya bergaya jenaka dan menempatkan ukiran pada bangunannya sebagai jawaban atas gaya internasional yang resmi.
Jasa Arsitek Desain Arsitektur Online Design Gambar Denah Model Rumah Minimalis Modern Murah Mewah Sederhana Konsultan Ruko Hotel Plaza Mall Gedung Kantor Futsal Show Room Bengkel Rumah Sakit Villa Apartemen Seluruh Indonesia
jasa desain arsitektur online design gambar denah model rumah minimalis
Arsitek
Rumah Rumah Minimalis
Rumah Minimalis
Desain Rumah
Denah Rumah
Rumah Denah
Desain Denah Rumah
Denah Desain Rumah
Gambar Rumah
Design Rumah
Rumah Model
Model Rumah
Design Gambar Rumah
Gambar Design Rumah
Desain Rumah Minimalis
Foto Design Rumah
Rumah Arsitektur
Arsitektur Rumah
Denah Rumah Minimalis
Denah Desain Rumah Minimalis
Desain Denah Rumah Minimalis